Setelah kami melakukan wawancara terkait proses bisnis khusunya supply chain pada BLK, berikut adalah alur yang dapat kami resume dari supply chain BLK
Alur supply chain |
1.
Supplier datang untuk
memberikan stok barang (stok barang untuk di-display di toko BLK dan stok yang
diletakkan di gudang)
2.
Setelah memberikan stok barang, supplier akan diberikan bukti telah memberikan stok barang oleh pihak gudang
3.
Kemudian supplier akan membawa
bukti tersebut ke pak AJ, dimana pak AJ akan mendata barang telah di stok oleh
sales
4.
Kemudian pak AJ membuat PO
(Purchase Order) yang diserahkan kepada supplier tersebut
5.
Dan besoknya barang dikirimkan
ke toko BLK sesuai dengan PO yang telah dibuat
6.
Sampai di toko BLK barang diterima
oleh gudang dan barang dimasukkan ke gudang
7.
Invoice yang asli dipegang oleh supplier dan yang copyan dipegang oleh pak AJ. Lalu invoice dikoreksi oleh pak
AJ, dimana pak AJ mengecek harga barang jika terjadi kenaikan harga pada barang
tersebut maka harga penjualan disesuaikan
dan jika harga barang tetap maka barang tersebut bisa langsung keluar
untuk di-display di toko BLK
Selain alur supply chain diatas berikut adalah sekilas aktifitas yang ada pada toko BLK:
-
Dalam hal tempo penagihan untuk
hasil penjualan barang, tergantung dari kesepakatan antara toko BLK dengan
pihak supplier, tempo penagihan bisa 1 bulan, 14 hari, 21 hari dan ada yang
cash.
-
Jika ada barang yang rusak maka
barang bisa dikembalikan sesuai dengan perjanjian awal
-
Jika ada pihak yang ingin
menawarkan barangnya kepada toko BLK maka contoh barang tersebut harus
ditinggal dulu kemudian 2-3 hari akan ada keputusan apakah barang tersebut bisa
di-display di toko BLK. Jika barang tersebut disetujui untuk di-display maka
toko BLK akan menerapkan peraturan:
1.
Kalau barang tersebut
dititipkan saja ke toko BLK untuk di-display, maka barang tersebut tidak
dikenakan biaya masuk
2.
Kalau barang tersebut merupakan barang yang kredit
atau tempo maka dikenakan biaya masuk per item
-
Pencatatan stok yang ada di
gudang toko BLK sudah menggunakan komputer untuk menginputkan data-data barang.
-
Toko BLK belum menggunakan
sistem khusus dalam aktifitas distribusi barang dimana masih menggunakan
bantuan ms. Excel
-
Dalam melakukan order barang toko
BLK biasanya menghubungi supplier via telepon, masih belum menggunakan email,
karena pak AJ merasa lebih nyaman jika langsung berinteraksi dengan supplier
-
PO (Purchase Order) yang
dibuat toko BLK masih manual menggunakan nota
-
Sudah
tersedia integrasi antara kasir dengan inventory(gudang), hal ini ditandai
dengan adanya barcode yang dapat mengidentifikasi apakah barang tersebut telah
terjual atau tidak.
-
Supplier mengirim barangnya
secara periodik (intensitas supplier mengirim tergantung dari banyak tidaknya
customer yang membeli produk tersebut
-
Adanya potongan harga di BLK
dengan cara pihak BLK bekerja sama dengan supplier dalam menentukan diskon
harga
-
Strategi BLK dengan mengadakan
promo adalah bukan
hanya barang yang ada promo nya yang terjual habis tapi targetnya pemenuhan
basket (keranjang) customer, sehingga harapannya customer tidak hanya membeli
barang yang ada promo tetapi juga membeli barang yang lain sampai basket
(keranjangnya) penuh.
-
BLK jarang melakukan cuci
gudang (menghabiskan stock barang) karena perputaran barang di BLK cepat
sehingga tidak sampai kelebihan stok
-
Stock opname di BLK dilakukan
satu tahun sekali dikarenakan aktifitas di BLK masih cenderung manual
-
Untuk saat ini BLK beranggapan
menggunakan sistem yang mudah saja yang penting barang selalu ready dan
pelanggan senang (untuk menjaga nama baik BLK)
Berdasarkan
penjelasan terkait poin – poin diatas, dapat jelas terlihat proses supply chain
dari BLK masih manual dan support dari TI hanya sederhana dengan menggunakan
MS. Excel, lalu apakah BLK ada rencana untuk
mengimplementasikan sistem TI?
Menurut Bapak AJ, pihak manajemen BLK sudah
memiliki rencana , hal ini didasari ada kesadaran bahwa perkembangan TI semakin maju sehingga berusaha untuk pakai TI supaya tidak ketinggalan, kesadaran dengan
komputerisasi maka SDM-nya bisa di manage (pekerjaan yang biasanya butuh SDM
banyak dan waktu yang lama dengan pakai TI maka bisa dikerjakan dengan SDM
sedikit dan waktu yang cepat namun
karena SDM TI kami terbatas dan belum ada langkah kongkret mengenai pengimplementasian
ini, serta proses bisnis manual yang berjalan masih lancar, maka pengimplementasian TI pada BLK belum terealisasikan...
Pemaparan diatas merupakan kesimpulan sementara kami, untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai masing-masing bidang permasalahan yang terdapat di BLK, nantikan saja postingan kami selanjutnya! ^_^
Kepada Yth,
BalasHapusTo : PERUSAHAAN BUMN
& SWASTA NASIONAL.
Di Tempat.
Up/attn : Pimpinan Perusahaan, HRD & Finance Manager , Accounting
Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond
Dengan Hormat,
Salam hangat dari PT. JASA MULYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. JASA MULYA ABADI .
Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.
Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :
Ø JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
Ø JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
Ø JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
Ø JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)
1.Contractor all risk (CAR)
2.Conprenshive general liability ( CGL)
3.Workman compensation liability (WCL)
4.Automobile liability (AL)
5.Custom bond
6.Property all risk (PAR)
7.Erection all risk ( EAR)
8.Marine hull insurance (MH)
9.Cargo
10`. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
salam .
KHAIDIR MUIS
Div.Marketing
PT. JASA MULYA ABADI
(Insurance – Bank Guarantee & Surety Bond)
Jl. Harapan Mulya IV No. 38, Kemayoran - Jakarta Pusat
Telp : 021-4260719 (Hunting)
Fax : 021-4252048
Email : khaidirmuis.jma@gmail.com
Mobile : 081367312690