Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya,
pada menu ini terdapat ditur inti dari sistem informasi yang kami buat, yaitu
dengan adanya Create Purchase Order(PO). Create Purchase Order ini tidak murni
di TI-kan, melainkan masih menyesuaikan dengan sistem Purchase Order manual
milik BLK (penggunaan Nota). Perbedaannya terletak pada penggunaan database.
Meskipun sama-sama menggunakan Nota, namun data Purchase Order yang ada pada
nota tersebut akan tersimpan pada database. Penjelasan mendetail mengenai fitur
ini akan dijelaskan sebagai berikut.
Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya,
pada menu ini terdapat ditur inti dari sistem informasi yang kami buat, yaitu
dengan adanya Create Purchase Order(PO). Create Purchase Order ini tidak murni
di TI-kan, melainkan masih menyesuaikan dengan sistem Purchase Order manual
milik BLK (penggunaan Nota). Perbedaannya terletak pada penggunaan database.
Meskipun sama-sama menggunakan Nota, namun data Purchase Order yang ada pada
nota tersebut akan tersimpan pada database. Penjelasan mendetail mengenai fitur
ini akan dijelaskan sebagai berikut.
Jika Manager Purchasing BLK akan melakukan Purchase Order,
tak perlu lagi harus memanggil Supplier untuk datang ke BLK dan menuliskan
pesanan pada Nota, kemudian memberikannya pada Supplier. Dengan menu
Purchasing, kegiatan Purchasing akan lebih
mudah dilakukan. Setelah masuk kedalam menu Purchasing, akan disajikan
dengan form-form yang harus diisi berkaitan dengan Purchase Order.
Field Tanggal akan terisi otomatis sesuai dengan tanggal
hari dilakukannya PO. ID Supplier isikan ID supplier yang menjadi supplier dari
barang yang akan di pesan. Begitu ID Supplier diisi, maka Nama Supplier akan
terisi secara otomatis. Jika Supplier sepakat untuk melakukan pengiriman Purchase
Order via e-mail, maka field email pada form Purchase Order akan otomatis
terisi alamat email supplier tersebut. Jika Supplier sepakat untuk melakukan
pengiriman Purchase Order via SMS, maka No.HP pada form Purchase Order akan
otomatis terisi no.HP supplier tersebut. Kemudian isikan ID Barang. Saat ID
Barang terisi, Nama dan kategori barang akan otomatis terisi. Lalu dapat
dilanjutkan dengan mengisi Kuantitas Pesanan dan Term Pembayaran.
Setelah semua Form terisi, kita dapat mengirimkan form
Purchase Order ini dengan klik Send. Jika form Pruchase Order akan dikirim pada
Supplier yang pengirimannya via email, maka detail pada form ini akan diconvert kedalam sebuah Nota dengan
format file .pdf yang otomatis ter-attach
pada email dan terkirim ke Supplier. Jika akan dikirim pada Supplier yang pengirimannya
via sms, maka detail pada form ini akan diconvert
kedalam format SMS dan dikirim ke Supplier. Bersamaan itu juga nota tersebut
akan tercetak (print) untuk arsip BLK dan berguna untuk pengecekan barang yang
datang nanti. Isi Purchase Order dalam form tersebut juga otomatis akan
tersimpan pada Database. Jadi meskipun misalkan Nota tersebut hilang baik pasca
maupun pra Purchase Order, BLK masih memiliki datanya yang tersimpan di
Database.
0 komentar:
Posting Komentar